Keadaan penghuni neraka. Beda Surga dan Neraka, Apa Saja Ciri

Faedah Surat Al Mulk, Keadaan Neraka dan Penghuninya

Sumber: Faidah dari Guru kami Ustad Dr Irfan Yuhadi hafizahullah dan dari sumber lain sebagai tambahan faidah. Nabi Muhammad SAW sendiri telah menjelaskan hal ini dalam haditsnya seperti di riwayatkan oleh Imam Bukhari, Imam Muslim dan At Tirmidzi. Sedangkan wurudnya datangnya orang-orang musyrik adalah memasukinya.

Next

Surga dan Neraka dalam Penjelasan Alquran

Peliharalah diri kalian dari kekikiran karena akan menjadikan umat sebelum kalian binasa. Kemudian Kami akan menyelamatkan orang-orang yang bertakwa dan membiarkan orang-orang yang zalim di dalam neraka dalam keadaan berlutut. Hutamah 'Hutamah' disebutkan dalam al-Quran sebanyak 6 kali dan kesemuanya membawa makna yang serupa iaitu 'menghancurkan sesuatu.

7 Pintu Neraka dan Siksaan bagi Calon Penghuninya

Imam Nawâwi rahimahullah pun menguatkan arti menyeberangi shirâth. Calon penghuni surga ini dijelaskan dalam firman Allah SWT surat Luqman ayat 8 إِنَّ الَّذِينَ آمَنُوا وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ لَهُمْ جَنَّاتُ النَّعِيمِ Arab latin: Innallażīna āmanu wa 'amiluṣ-ṣāliḥāti lahum jannātun na'īm Artinya: "Sesungguhnya orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal-amal saleh, bagi mereka surga-surga yang penuh kenikmatan.

Next

Kenali 7 Jenis Neraka dan Jenis

Selain itu, neraka Hawiyah juga dapat diartikan sebagai tempat yang sangat panas dengan dasar neraka yang dalam. Keberadaan neraka saqar dijelaskan dalam QS Al-Mudatsir ayat 42-43, 42.

Next

Kenali 7 Jenis Neraka dan Jenis

Neraka hawiyah diisi oleh orang-orang yang ringan timbangan amal kebaikannya. Surga ini juga disebut sebagai surga dengan tingkatan tertinggi.

Faedah Surat Al Mulk, Keadaan Neraka dan Penghuninya

Sa'ir Sa'ir bererti 'nyalaan api' dan istilah itu diambil daripada istilaa 'sa'ara' yang membawa makna menyalakan. Terdiri dari 96 ayat yang berisi tentang fiqih bersuci hingga mendeskripsikan kondisi-kondisi penghuni neraka Ashab al-Syimal dan penduduk surga Ashab al-Yamin.

Next